Recent Posts

settia

Cara Mudah untuk Membuat dan Menjual NFT di OpenSea


Untuk membuat dan menjual NFT (Non-Fungible Token) dan mendapatkan keuntungan melalui transaksi, ada langkah-langkah tertentu yang harus dilakukan terlebih dahulu.

Beberapa waktu lalu, masyarakat dihebohkan dengan seorang mahasiswa asal Semarang yang berhasil mendapatkan keuntungan hingga miliaran rupiah dengan berjualan NFT di situs OpenSea. 

Ghozali, yang dikenal dengan nama pengguna Ghozali Everyday, menjadi miliarder hanya dengan menjual swafoto miliknya yang diambil dari tahun 2017 hingga 2021.

Banyak orang yang berusaha mengikuti jejak Ghozali, namun tidak sedikit juga yang tidak tahu bagaimana cara untuk mendapatkan keuntungan dari OpenSea karena NFT sendiri masih dianggap sebagai barang baru. 

Dalam situs resminya, pihak pengembang OpenSea membagikan cara untuk membuat dan menjual NFT di situs mereka, yakni sebagai berikut:

1. Menyiapkan wallet kripto

Sebelum membuat akun OpenSea, Anda harus memiliki wallet kripto terlebih dahulu. Ada beberapa aplikasi wallet yang dapat diunduh untuk PC atau smartphone, yang paling populer digunakan di OpenSea adalah Metamask.

Aplikasi wallet dapat diinstalasi di peramban seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Brave, atau Edge. Nantinya aplikasi wallet akan dihubungkan dengan akun OpenSea.

2. Membuat akun OpenSea

Buka situs opensea.io, setelah itu pilih menu profil di kanan atas halaman. Selanjutnya, Anda akan diarahkan untuk memilih wallet yang sebelumnya sudah diinstalasi. Ikuti instruksi yang diberikan untuk menghubungkan wallet dengan OpenSea. 

Setelah wallet terhubung dengan OpenSea, Anda akan masuk ke profil yang secara otomatis akan bertuliskan “Unnamed”. 

Untuk mempersonalisasi akun, pilih pengaturan yang ditunjukkan oleh gambar roda gigi di sisi kanan layar, tepatna di samping tombol berbagi. 

Setelah mengisi data, Anda akan diminta untuk memverifikasi akun. OpenSea akan mengirim pesan ke e-mail Anda, dan Anda harus mengklik “Verify My Email”. 

OpenSea akan membuka halaman baru untuk Anda, dan pilihlah menu “Back to OpenSea” yang akan mengarahkan Anda ke halaman aset.

3. Membuat NFT

Di halaman aset, Anda dapat melihat berbagai produk NFT yang dijual di OpenSea dengan harga yang bervariasi. 

Untuk membuat NFT, pilih menu “Create” yang terletak di sisi kanan atas layer, tepatnya di sebelah tombol profil Anda. 

Klik kotak dengan garis putus-putus yang ada di layar untuk mengunggah karya yang hendak Anda jadikan NFT. Karya yang bisa Anda unggah minimal memiliki format JPG, PNG, GIF, SVG, MP4, WEBM, MP3, WAV, OGG, GLB, GLTF dengan ukuran maksimum 100 MB.

Setelah mengisi nama dan deskripsi, Anda juga bisa menyesuaikan identitas untuk filter pencarian NFT Anda. Kemudian, Anda bisa memilih tombol “Create”.

4. Menjual NFT

Untuk memulai, masuk ke profil Anda terlebih dahulu dan pilih NFT yang hendak Anda jual di OpenSea. Selanjutnya, klik “Sell”. 

Anda akan diarahkan ke halaman listing, dan di sana Anda dapat menentukan harga dan memilih satu di antara menu “Fixed Price” dan “Time Auction”. 

Anda pun dapat mengatur durasi penjualan NFT entah itu selama 1 hari, 3 hari, atau satu minggu, dan Anda juga dapat mengatur durasi khusus dengan menggunakan kalender. 

Anda juga dapat menyediakan NFT yang hendak Anda jual untuk pembeli spesifik. Untuk melakukannya, masukkan alamat mereka ke kolom “Reserve for a specific buyer”. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengkonfirmasi penjualan. 

Setelah Anda menyelesaikan proses listing, akan ada pemberitahuan yang berbunyi, “Your item is now listed for sale”.

Anda dapat membagikan informasi penjualan Anda ke media sosial untuk memperluas jangkauan audiens. Untuk melihat NFT yang Anda jual, pilih menu “Activity” di profil Anda.