Recent Posts

settia

Misteri Hilangnya Jack Ma dari Publik 2 Bulan, Untuk Menghindari Sorotan Publik


Seluruh dunia kini sedang tersedot perhatiannya soal hilangnya Jack Ma dari publik dua bulan lebih. Menurut sumber anonim ternyata Jack Ma tidak benar-benar menghilang tapi menghindari publik.

Menurut jurnalis CNBC International David Faber dengan mengutip sumber anonim, pendiri Alibaba ini tidak menghilang, hanya berusaha untuk menghindari sorotan publik, seperti dikutip dari CNBC International, Rabu (6/1/2020).

"Dia tidak tampil di publik dengan tujuan tertentu dan diperkirakan akan seperti itu hingga beberapa waktu ke depan," ujar David Faber.

Menurut David Faber kemungkinan saat ini Jack Ma berada di Hangzhou, kota tempat kantor pusat Alibaba Group. Jack juga tidak ditangkap oleh pemerintah China.

Jack Ma sudah tak tampil di depan publik sejak akhir Oktober 2020 setelah ia mengkritik regulator keuangan China dan bank pemerintah dalam sebuah diskusi umum di Shanghai, China.


Ia mengkritik kebijakan pemerintah yang dianggap menghambat inovasi bisnis dan menyerukan reformasi sistem keuangan. Ia menyamakan peraturan perbankan yang diterapkan China saat ini sebagai "klub orang tua".

Pidato itu membuat marah pemerintah China. Kritiknya itu dianggap menyerang otoritas Partai Komunis. Dampaknya adalah tindakan yang keras terhadap bisnis Fintech milik Alibaba, Ant Group.

Pada November lalu, Bursa saham Shanghai di susul bursa saham Hong Kong membatalkan rencana pencatatan saham perdana (IPO) saham Ant Group senilai US$37 miliar atas perintah langsung dari Xi Jinping, Wall Street Journal melaporkan dan dilansir dari Daily Mail, Senin (4/1/2021).

China kemudian meluncurkan penyelidikan monopoli dan anti persaingan pada Alibabab Group pada malam natal. Pemerintah China juga memerintahkan Ant Group untuk mengurangi bisnisnya dan fokus pada bisnis fintech.

Jack Ma juga secara misterius menghilang dari acara reality show televisi di Afrika Selatan bernama 'Den-style Africa's Business Heroes' sebelum final November, fotonya juga telah dihapus di halaman web sebagai salah satu panelis penjurian acara.

Padahal seminggu sebelumnya, melalui akun twitter pribadinya Jack Ma menyatakan "tidak sabar" untuk bertemu kontestan. Juru bicara Alibaba mengatakan kepada Financial Times, Jack Ma tidak bisa lagi menjadi bagian dari panelis juri "karena jadwal bentrok".

Sejak November lalu hingga ini tidak ada pula aktivitas Jack Ma di Twitter. Biasa secara teratur Jack Ma menyampaikan pikirannya di media sosial microblog itu. Kabar yang beredar disebutkan pemerintah China juga memerintahkan Jack Ma agar tak keluar China selama investigasi dilakukan.

Posting Komentar

0 Komentar