Recent Posts

settia

Cara Membuat Bootable Installer MacOS High Sierra di USB Flash Drive


Update macOS High Sierra sudah dirilis untuk pengguna umum. Tidak jauh berbeda dengan iOS, pengguna perangkat Mac juga bisa melakukan instalasi macOS High Sierra dengan 2 cara. Yaitu Update Install atau Clean Install alias instal ulang tanpa membawa data dari sistem sebelumnya,. Untuk melakukan Clean Install, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah membuat bootable installer di USB flash drive. Belum pernah punya pengalaman membuat bootable installer? Yuk simak info lengkap dari tim MakeMac!

Apa Itu Bootable Installer?

Bootable installer bisa dibilang penganti DVD Installer yang sudah tidak digunakan Apple sejak OS X Lion. Dengan bootable installer, pengguna bisa melakukan instalasi komputer Mac lewat USB flash drive, tanpa perlu mengunduh dokumen installer macOS High Sierra setiap kali instal ulang. Cukup unduh dokumen Instal macOS High Sierra dari Mac App Store, lakukan proses membuat bootable installer dan simpan USB flash drive tersebut saat ingin kamu gunakan di lain waktu.

Selain digunakan sebagai cara alternatif untuk clean instal atau update instal, bootable installer juga punya beberapa fungsi lain. Seperti menghapus partisi komputer Mac tanpa masuk ke sistem operasi di komputer tersebut atau memperbaiki file system lewat Disk Utility serta Reset Password untuk User Account di komputer – terutama jika komputer Mac kamu tidak memiliki bootable partition.

Persiapan Membuat Bootable Installer



Ada 3 hal yang harus kamu persiapkan untuk membuat bootable installer macOS High Sierra. Semuanya adalah persiapan wajib dan tidak bisa digantikan, berikut ini daftarnya:

  1. Siapkan sebuah komputer Mac untuk membuat bootable installer dan unduh macOS High Sierra.
  2. Siapkan USB Flash Drive dengan kapasitas minimal 8GB dalam kondisi kosong. Format USB Flash Drive tersebut menggunakan Disk Utility dengan pengaturan OS X Entended (Journaled) dan gunakan nama partisi yang mudah diketik, satu kata saja misalnya.
  3. Download macOS High Sierra dari Mac App Store atau gunakan tautan berikut ini :

Cara Membuat Bootable Installer macOS High Sierra

Apple memberikan panduan untuk membuat bootable installer macOS High Sierra dengan Terminal. Lebih lengkapnya adalah menggunakan fitur createinstalmedia yaitu menyalin dokumen Instal macOS High Sierra dari bagian yang dibutuhkan saja, ke USB Flash Drive yang kamu gunakan. Kamu tidak bisa sembarangan salin dokumen tersebut dengan cara copy dan paste saja. Panduan yang diberikan sebetulnya cukup singkat dan mudah, namun untuk kamu yang belum biasa menggunakan Terminal mungkin akan terlihat agak rumit. Silakah gunakan panduan berikut ini untuk lebih mudah dan singkat:

  • Gunakan nama partisi makemac di USB Flash Drive yang akan kamu jadikan bootable installer.
  • Letakkan dokumen Instal macOS High Sierra yang sudah diunduh dari Mac App Store di folder Applications atau jangan dipindahkan dari posisi yang diberikan.

Tutorial membuat Bootable Installer dengan Terminal

  1. Buka Terminal dari Applications – Utilities atau lewat bantuan Spotlight.
  2. Salin kode berikut ini dan tempel ke Terminal lalu Enter.
    sudo /Applications/Install\ macOS\ High\ Sierra.app/Contents/Resources/createinstallmedia –volume /Volumes/makemac
  3. Masukkan User Password dari komputer yang kamu gunakan untuk ijin akses dan beberapa hal lainnya. Proses salin dokumen dan membuat bootable installer akan dilakukan dalam proses 20–30 menit.

Selesai membuat bootable installer dengan cara di atas, silakan uji dengan cara sederhana ya. Hubungkan USB Flash Drive dengan bootable installer di dalamnya ke komputer Mac kemudian lakukan Restart. Selama proses Restart, tekan dan tahan tombol Option di keyboard Mac dan tunggu hingga ada tampilan USB Flash Drive tersebut. Jika tidak tampil, berarti proses membuat bootable installer dianggap gagal.

Cara Lebih Mudah, Lewat Aplikasi

Bagi kamu yang tidak ingin repot dengan perintah Terminal pada cara di atas, silakan gunakan cara kedua. Yaitu lewat bantuan aplikasi Install Disk Creator dari macdaddy. Pengguna Install Disk Creator cukup unduh aplikasi ini dan lakukan drag and drop dari dokumen Instal macOS High Sierra serta pilih USB Flash Drive yang akan digunakan. Setelah itu proses membuat bootable installer macOS High Sierra akan berlangsung dengan mudah dan kamu cukup tunggu notifikasi bahwa proses ini selesai dikerjakan.

Tips Update macOS High Sierra

Sebelum melakukan update ke macOS High Siera, pastikan kamu sudah mencadangkan data atau melakukan backup. Bisa gunakan layanan Time Machine untuk membuat cadangan data dan sistem operasi komputer Mac atau gunakan proses backup manual ke hard disk ekstenal, akun cloud service atau cara lainnya untuk dokumen yang ingin kamu amankan.

Posting Komentar

0 Komentar