Recent Posts

settia

JACK MA MENGHILANG, SKANDAL SPIONASE EKONOMI TERBESAR ABAD 21


Jack Ma menghilang, kemungkinan ditangkap Pemerintah China atas keterlibatannya dalam skandal spionase ekonomi dgn Amerika Serikat.

Dailymail.co.uk, Jumat, 1 Januari 2021, dg judul: “Chinese tech billionaire Jack Ma VANISHES from his own reality show as Beijing launches probe into his monopoly”, mengatakan, misteri seputar keberadaan orang terkaya di China setelah Jack Ma mengkritik rezim.

Menurut Dailymail.co.uk, Jack Ma telah menghilang dari acara pencarian bakat TV-nya sendiri dan tidak ada tanda² kehadirannya sejak akhir Oktober 2020.

Ada dugaan, Jack Ma, sudah ditangkap otoritas berwenang di lingkungan Partai Komunis China (PKC). Kalau informasi ini benar, sudah hampir dipastikan Jack Ma terkait skandal jaringan spionase ekonomi terbesar di abad ke-21 yg tidak menutup kemungkinan melibatkan Amerika Serikat (AS) dan Jepang.

Sulit sekali mendapat infomasi keberadaan Jack Ma, sekarang. Tidak ada keterangan resmi China, dalam kasus Jack Ma.

Jack Ma (lahir di Hangzhou, Zhejiang, Tiongkok, 10 September 1964; umur 56 tahun) merupakan seorang pebisnis berkebangsaan China.

Jack Ma merupakan pendiri sekaligus Chairman Eksekutif dari Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di China. Pada Nopember 2020, Jack Ma, memiliki kekayaan S$65.6 billion.

New York Time, Kamis, 12 Nopember 2020, dg judul: “Chinese Communist Party tries to intimidate Alibaba’s Jack Ma”, mengatakan,  Pendiri Alibaba, Jack Ma, telah menjadi musuh yang kuat. Presiden Tiongkok, Xi Jinping.

China yg paling kuat menghadapi salah satu yg terkaya. Di kebanyakan negara, ini akan menjadi pertarungan yg adil. Tapi tidak di China. Di sini, tidak ada kontes. Presiden China, Xi Jinping, adalah pemimpin tertinggi dan Jack Ma mempelajarinya dg cara yg sulit.

Di tengah persaingan ini adalah Ant Group, sebuah perusahaan fintech yg dikendalikan oleh Jack Ma. Itu ditetapkan untuk menerbitkan IPO terbesar di dunia. Bahkan lebih besar dari Aramco Arab Saudi.

Tapi Beijing punya rencana lain. IPO diblokir hanya dua hari sebelum perdagangan dijadwalkan untuk dimulai. Laporan mengatakan pesanan datang langsung dari atas. Mungkin dari Xi Jinping sendiri.


Bloomberg.com, Kamis, 24 Desember 2020, dg judul: “China Targets Jack Ma’s Alibaba Empire in Monopoly Probe”, menyebutkan, China memulai penyelidikan atas dugaan praktik monopoli di Alibaba Group Holding Ltd. dan memanggil afiliasi Ant Group Co. ke pertemuan tingkat tinggi mengenai peraturan keuangan, meningkatkan pengawasan atas pilar kembar kerajaan internet miliarder Jack Ma.

Penyelidikan yg diumumkan Kamis menandai dimulainya secara resmi tindakan keras Partai Komunis terhadap permata mahkota wilayah kekuasaan Ma yg luas, mulai dari e-commerce hingga logistik & media sosial.

Tekanan pada Ma adalah inti dari upaya yg lebih luas untuk mengendalikan ranah internet yg semakin berpengaruh: Rancangan aturan anti-monopoli yg dirilis November memberi pemerintah keleluasaan yg luas untuk menahan para pengusaha yg sampai saat ini menikmati kebebasan yg tidak biasa untuk memperluas wilayah mereka.

Dari berbagai sumber menyebutkan, Jack Ma, memang sudah ditangkap, sehingga sangat sulit mencari informasi perkembangan lebih lanjut. Skandal spionase ekonomi, merupakan tindak kejahatan paling ditakuti di China, karena ancamannya adalah hukuman mati.

Berbagai sumber menyebutkan, belakangan ini, banyak orang tampaknya bingung dg keputusan Beijing untuk menangkap Jack Ma.

Jack Ma dikreditkan sebagai bapak modernisasi China dari dunia yg terfragmentasi menjadi dunia digital yg sepenuhnya terhubung melalui internet dan mengubah China menjadi masyarakat tanpa uang tunai, tentunya dia tidak bisa menjadi orang jahat.

Tapi yg tidak diketahui banyak orang adalah Jack Ma Alibaba sebenarnya 33% dikendalikan oleh Softbank Jepang dan 22% oleh Wall street USA YAHOO finance, Jack Ma hanya memiliki sedikit 5,67% saham di Alibaba.

Kisah sukses China ini sebenarnya adalah pengulangan kisah proliferasi opium pada tahun 1840, namun alih² opium, mereka justru menawarkan kepada para petani China termiskin, pekerja keras dg pembiayaan mudah untuk membeli barang² mewah yg tidak mereka butuhkan seperti iphones (bukan huawei ), jeans, tas bermerek, sepatu dll & juga menawarkan pinjaman murah kepada mahasiswa, melewati bank.

Jack Ma sebenarnya adalah seorang frontman, membantu orang Amerika & Jepang untuk menguliti 1,4 miliar warga normal yg naif dg berton² barang mewah yg tidak mampu mereka beli, dg menawarkan mereka pembiayaan dg bunga 17,7% per tahun.

Banyak anak muda China yg tertipu untuk mendaftar iphones terbaru dg cicilan mudah 12 bulan tapi tidak bunga 0%, malah mereka ditampar dg bunga 18% per tahun.

Semua anak muda Cina yg mendapatkan uang dg susah payah & para petani bodoh, mengirim banyak uang ke perusahaan teknologi AS, bank² jalanan, & bank lunak Jepang.

Softbank Jepang terkenal karena melakukan banyak gerakan investasi yg salah tetapi masih mampu melaporkan rekor keuntungan tahun demi tahun, berkat pengkhianat Jack Ma dan timnya, menipu kekayaan publik & mentransfernya ke Jepang.

Kebencian Jack Ma kepada PKC sangat dalam bahkan dia mengatur short selling saham-A China dg bankir dinding George Soros + pada tahun 2015, yg hampir menyebabkan krisis keuangan China.

Jiang Zemin dan Bo Xilai juga merupakan bagian dari tim, yg ingin menghancurkan pemerintahan Presiden China, Xi Jinping. Itu menjelaskan mengapa PKC setelah berhasil mempertahankan pasar pada tahun 2015.

Tahun 2015 meluncurkan rangkaian jika penyelidikan profil tinggi ke pejabat Partai Komunis China (PKC) dg peringkat tertinggi & menjebloskan mereka ke penjara & xijinping mengkonsolidasikan kekuasaannya dg menyebut dirinya sendiri sebagai kaisar yg tak tertandingi.

Itu diperlukan untuk menghancurkan pengkhianat di dalam party. Tapi luar biasa Xi tidak menghukum Jack Ma pada tahun 2015, banyak yg mengira alasannya karena Jack Ma masih perlu mereformasi China secara digital.

Maju cepat hingga hari ini, pemerintah China sekarang telah memiliki platform pembayaran digital terbaik di dunia, dg bantuan wall street & softbank, 2 pemodal terbesar di dunia.

Jack Ma sangat sombong sehingga sebelum IPO Ant yg dapat menarik hingga $30 miliar pada pembukaan mengecam pemerintah China karena terbelakang & mengklaim Alibaba siap untuk menggantikan mereka.

Tapi Jack Ma tidak tahu itu alasan yg dibutuhkan Presiden China, Xi Jinping untuk menggagalkan pesta Initial Public Offering (IPO). Empat puluh delapan jam sebelum IPO & pada hari Presiden Amerika Serikat Donald John Trump sibuk dg Pemilihan Umum Amerika Serikat di penghujung tahun 2020. Sementara pada 20 Januari 2021, Presiden Amerika Serikat dipegang Joe Biden.

“Pemerintah China mengumumkan penangguhan IPO layanan Semut yg mengejutkan semua orang & Jack Ma ditahan sejak itu tanpa sarana komunikasi apa pun, hingga hari ini,” ujar sebuah sumber yg tidak bersedia disebutkan namanya dari Surabaya yang mengikuti perkembangan sepak terjang Jack Ma di China.

China menuding Jack Ma adalah pengkhianat selama ini. Keberhasilannya tidak dikaitkan dg kerja kerasnya, tetapi kesediaannya untuk menjual negara & menggunakan jaringannya untuk menghubungkan ancaman eksternal dg oportunis internal yg membenci PKC.

Nasib Jack Ma, tetap tidak diketahui tetapi biasanya apa yg terjadi pada pengkhianat, baik mereka berakhir dg kematian misterius atau dijebloskan ke penjara selama 20 – 100 tahun. (Aju, dari berbagai sumber)

https://s.id/wOitE

#DejaVu