Recent Posts

settia

Inilah Alasan Mengapa Komodo Hanya Bisa Ditemukan di Indonesia

AL-RISALAH NEWS - Komodo atau Varanus komodoensis, adalah spesies kadal yang merupakan hewan endemik Indonesia, yang artinya ia adalah satwa asli Indonesia. Di Indonesia sendiri, komodo hanya ada di pulau Komodo, pulau Rinca, Gili Motang dan pulau Padar.
Komodo merupakan spesies kadal terbesar di dunia yang panjangnya bisa mencapai 3 meter. Ia bisa mengendus mangsanya dari jarak 9 km !! Ia tergolong predator buas yang bisa menyerang rusa dan manusia. Tetapi, mengapa reptil satu ini hanya ditemukan di Nusa Tenggara?
Di balik kekuatan dan ketangguhannya, ternyata komodo benar-benar punya sifat alami “homebodies” alias anak rumahan yang sesungguhnya. Sifat alami yang sederhana itu mendasari perilaku menetap komodo dan membuatnya cuma tersebar di Indonesia. Bagaimana bisa?
Menurut sebuah studi yang terbit di Prosiding Royal Society B, komodo bukannya tak bisa menjelajah daerah lain atau menguasai dunia, tapi mereka memang tidak ingin melakukannya. Komodo sebetulnya tipe hewan yang tak mau ambil risiko. Sekelompok ahli yang mengamati komodo di empat pulau selama satu dekade mengungkap bahwa komodo tidak pernah meninggalkan tanah kelahirannya sepanjang hidup.

Dikutip dari IFLscience, komodo sudah merasa lebih aman dan nyaman berada di zona dekat rumah, mereka tak menginginkan apapun lagi. Selain itu, di habitat aslinya di Nusa Tenggara Timur, mereka bisa mengetahui secara persis di mana menemukan mangsa.
Selain menolak ambil pusing soal hidup berpindah-pindah, peneliti juga menemukan, karnivora dengan kaki kuat dan kemampuan bergerak cepat hingga 20 Km per jam atau sekitar 13 mph ini lebih memilih menciptakan stabilitas dengan tak banyak bergerak jauh.
Namun, hal yang membingungkan bagi para ahli adalah jika hewan berada di suatu daerah selama beberapa generasi, mereka berisiko melakukan perkawinan sedarah, menghadapi kelangkaan sumber daya, dan bahaya lain yang mungkin bisa dihindari jika mereka bergerak ke tempat lain.
"Begitu mereka menjajah sebuah pulau, terlepas dari kemampuan luar biasa penyebaran jarak jauh yang dimilikinya, mereka memutuskan itu sudah cukup (tidak menjelajah lagi),'" jelas Tim Jessop, profesor ekologi di Deakins University di Australia yang memimpin penelitian, seperti dikutip New York Times.
Para peneliti pernah melakukan dua spesimen pengujian. Pertama, para peneliti memindahkan tujuh komodo dari wilayah asal mereka ke tempat yang jauh, tetapi masih di pulau yang sama. Beberapa diangkut sekitar 22 km jauhnya. Kedua, komodo lain dipindahkan ke pulau berbeda yang meski berjarak dekat cuma 1.6 km, tapi membuat mereka harus menyeberang lautan untuk kembali ke tempat asal.

Dalam waktu empat bulan, semua komodo yang dipindahkan ke darat walaupun sangat jauh ternyata bisa kembali lagi ke rumahnya. Ini menunjukkan bahwa komodo mampu melakukan perjalanan jauh melewati medan berat. Ternyata ada seekor komodo yang dipindah ke pulau lain yang mengalami masalah. Ia tidak bisa mencari pasangan dari komodo-komodo di pulau baru dan kesulitan menemukan mangsa. Perilaku tersebut menunjukkan bahwa sebetulnya komodo punya kemampuan berenang cukup jauh, tetapi usaha pulang dianggap tidak sepadan dengan risiko yang diambil.
Peneliti juga menemukan pada tes DNA komodo, yang menunjukkan adanya tanda-tanda perkawinan sedarah di populasi komodo, dan rentan terhadap kekurangan makanan.
Padahal, menurut peneliti, berdiam diri dan enggan pergi juga tidak menguntungkan bagi komodo. Data mikrosatelit yang memantau DNA komodo menunjukkan tanda-tanda perkawinan sedarah. Boleh jadi, itu karena komodo setempat menolak kawin dengan pendatang baru
Kemudian, mereka justru lebih berisiko kekurangan pangan karena persaingan antar kelompok. Belum lagi faktor bencana alam dan aktivitas manusia semisal perburuan juga mengancam populasi.
"Mereka tetap tidak peduli seberapa buruknya. Ini sedikit membingungkan," ujar Jessop. Komodo adalah hewan unik. Komodo muda memiliki kebiasaan memanjat pohon untuk menghindari kanibalisme dari komodo yang lebih tua. Mereka mungkin terlihat seperti predator tingkat atas yang kejam, tetapi tujuan mereka menjadi makhluk pulau ternyata lebih sederhana dari yang kita kira," ujarnya.